Hapus File Pakai CMD


Hapus File menggunakan CMD ini berkaitan dengan masalah yang saya alami ketika Windows Explorer saya muncul tulisan Windows Explorer has stopped working seperti ini.

windows-explorer-has-stopped-working

Tapi ini hanya ketika waktu saya mau buka folder Downloads\Video sedangkan buka folder lain tidak ada masalah.

Ini dikarenakan ada file yang corupt, saya mengetahuinya karena folder tersebut tidak bisa dibuka setelah saya mendownload sebuah film dari youtube. Jadi dapat dipastikan bahwa file tersebutlah yang bermasalah.

Masalahnya bagaimana saya mendelete file tersebut sedangakan foldernya sendiri tidak bisa dibuka yang disebabkan file tersebut. Jadi saya menghapusnya dari comand promt

Caranya :

tekan tombol Window + R WindowsR

ketik cmd – > OK

setelah muncul layar comand promt ketik directory tempat file tersebut. Disini foldernya adalah di C:\Users\amei\downloads\video

maka saya tinggal mengetikan dir downloads\video untuk menampilkan file-file yang berada dalam folder tersebut

cmd1

Setelah file-filenya terbuka, kita ketikkan nama file yang  akan dihapus del downloads\video\tipsbuatjuss.MP4

cmd2

dan filenya terhapus dan windows explorer saya kembali normal. Jika ingin menghapus semua file dengan ekstensi yang sama tinggal tambahkan *.(ekstensi file) misal *.mp4 maka semua file mp4 akan terhapus. Namun ketika akan menghapus file dengan cmd yang nama filenya ada spasi tidak bisa. Jika teman-teman ada yang mengetahui caranya bisa komen caranya.

Komentarnya please

